5 Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Stretch mark merupakan keadaan pada kulit yang terdapat guratan-guratan memanjang. Guratan-guratan pada kulit ini dapat terbentuk akibat adanya peregangan kulit, obesitas, kekurangan nutrisi, serta akibat mengonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid.

Pada umumnya, stretch mark dialami oleh kaum wanita, khususnya wanita yang setelah melahirkan. Akan tetapi, stretch mark juga dapat dialami oleh anak-anak dan kaum pria. Dengan adanya stretch mark pada kulit, akan menurunkan kepercayaan diri seseorang, meskipun stretch mark terdapat pada bagian kulit yang tertutup.

5 Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stretch mark yang mengganggu penampilan ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Cukupi Kebutuhan Air Mineral

Stretch mark dapat disebabkan oleh berkurangnya bobot tubuh secara ekstrem. Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan air mineral dalam tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh, akan membantu menjaga elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang mati.

Dalam sehari, rerata kebutuhan air mineral bagi tubuh adalah 2 liter atau sebanyak 8 gelas air.

2. Menggunakan Lemon

Lemon merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan campuran minuman yang menyegarkan. Buah lemon banyak mengandung vitamin C serta asam alfa hidroksi. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan, sedangkan asam alfa hidroksi mampu berperan dalam menangkal radikal-radikal bebas yang dapat merusak kulit. Dengan menggunakan lemon, stretch mark dapat menghilang secara perlahan.

Cara penggunaan:

  1. Ambil buah lemon yang masih segar
  2. Potong hingga menjadi dua bagian
  3. Peras air yang terkandung dalam buah lemon
  4. Balurkan air perasan lemon pada bagian stretch mark dan area di sekitarnya
  5. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih
  6. Menggunakan Lidah Buaya

3. Lidah Buaya

Lidah buaya meruapakan tanaman yang sudah banyak digunakan untuk perawatan kulit. Gel dalam daun lidah buaya mengandung senyawa aloevera serta kaya akan vitamin sehingga mampu membantu meregenerasi sel-sel mati. Lidah buaya juga dapat menjaga kekenyalan kulit, sehingga perlahan stretch mark pada kulit perlahan akan memudar.

Cara penggunaan:

  1. Ambil daun lidah buaya dan cuci hingga bersih
  2. Ambil bagian daging daun lidah buaya
  3. Oleskan gel daun lidah buaya pada daerah stretch mark dan sekitarnya
  4. Biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih
  5. Menggunakan Minyak Zaitun

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah banyak digunakan untuk pengobatan, serta perawatan kesehatan kulit dan rambut. Minyak zaitun mengandung senyawa linoleic acid yang mampu berperan dalam menjaga kadar air dalam kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol yang merupakan anti oksidan dan berperan dalam meregenerasi sel-sel kulit yang mati dengan sel-sel yang baru. Dengan menggunakan minyak zaitun, stretch mark perlahan akan memudar, dan kulit menjadi kembali halus, cerah berseri.

Cara penggunaannya mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada area stretch mark dengan melakukan pijatan-pijatan selama sekitar 5 menit. Kemudian mendiamkannya selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih.

5. Rutin Berolahraga

Selain dengan melakukan perawatan dari dalam dan dari luar, untuk menghilangkan stretch mark dapat dipercepat dengan rutin melakukan olahraga. Dengan rutin berolahraga, kulit akan mengencang dengan sendirinya, terlebih lagi apabila memokuskan melatih bagian tubuh yang terdapat stretch mark. Selain itu, dengan berolahraga, metabolisme dalam tubuh dapat ditingkatkan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan stretch mark. Semoga bermanfaat.

Add Comment