Isian Kue Tampah Tradisional dan Cara Menghiasnya

Isian Kue Tampah Tradisional dan Cara Menghiasnya

Kue tampah juga sering disebut dengan nama kue nampan. Seperti namanya, kue tampah ini berisikan beragam jenis kue di atas tampah. Kue yang digunakan bisa kue modern maupun kue tradisional. Meski sudah banyak kue modern, kue tampah tradisional masih sangat diminati. Hal ini dikarenakan cita rasa kue tradisional yang khas. Selain itu, harga kue tampah terbilang ekonomis. Kue tampah murah ini sangat cocok untuk melengkapi sajian kuliner berbagai acara.

Tampah itu sendiri adalah wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Tampah ini umumnya didesain dengan bentuk lingkaran. Nantinya beragam jenis kue mengisi tampah secara melingkar. Selain rasanya yang menggugah selera, kue tampah juga terlihat sangat unik dan menarik. Kue tampah enak dan murah ini banyak dipilih oleh semua kalangan masyarakat. Untuk kue tradisional, anda bisa menggunakan jenis kue jajanan pasar.

Aneka Macam Kue Tampah

Kue tampah terdiri dari berbagai jenis kue dengan cita rasa dan tampilan yang berbeda-beda. Adapun isi kue tampah tersebut diantaranya yaitu lemper, putu ayu, gethuk, pastel, kue cubit, kue lumpur, nagasari, klepon, dan aneka kue tradisional lainnya. Lemper itu sendiri sebenarnya bukan termasuk jenis kue. Hanya saja, lemper sering digunakan untuk melengkapi sajian kuliner berbagai acara. Jajanan tradisional ini juga bisa anda pilih untuk melengkapi kue tampah anda.

Lain halnya dengan putu ayu. Putu ayu merupakan jenis kue jajanan pasar yang saat ini masih sangat digandrungi. Hal ini dikarenakan rasanya yang gurih dan legit. Kue putu ayu ini sangat pas disandingkan dengan klepon. Klepon memiliki rasa yang manis dengan tampilan hijau yang cantik. Selain warna hijau, klepon sebenarnya bisa dikreasikan dengan warna lainnya. Dengan begitu, kue tampah akan terlihat semakin berwarna.

Selain kue basah, anda juga bisa menggunakan kue kering ataupun gorengan. Untuk gorengan, anda bisa gunakan pastel. Pastel memiliki bentuk setengah lingkaran yang akan mempercantik tampilan kue tampah nantinya. Selain itu, pastel mempunyai cita rasa yang khas dan tidak dimiliki oleh jenis gorengan lainnya. Untuk penempatannya, anda bisa letakkan pastel ini di area pinggir tampah. Dengan begitu, kue tampah anda akan terlihat seperti bunga. Para tamu yang datang pasti tidak akan menolak jika diminta untuk mencicipi kue tampah yang anda sajikan.

Cara Menghias Kue Tampah

Jika tampah dan kue sudah siap, selanjutnya anda bisa ketahui cara menghias ataupun menata kue tampah yang cantik. Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah menyiapkan beberapa lembar daun pisang. Anda letakkan lembaran daun pisang sebagai alas. Dengan adanya alas, maka susunan kue-kue nantinya bisa terlihat rapi. Mengingat tampah umumnya berbentuk lingkaran, anda buat alas dari daun pisang tersebut dengan bentuk lingkaran juga.

Selanjutnya, anda hias bagian tepi tampah dengan lembaran daun pisang dibentuk segitiga. Lalu ditata secara berjejer dan juga direkatkan dengan bantuan steples. Jika hal ini sudah anda lakukan, anda selanjutnya mengatur susunan kue. Anda atur kue dengan ukuran besar di bagian tengah tampah sebagai pusat. Setelah itu, diikuti kue-kue yang berukuran lebih kecil di sekelilingnya. Pastikan anda memperhatikan warna tampilan kue yang anda pilih. Ada baiknya anda membuat ataupun memesan kue dengan beragam jenis warna supaya kue tampah anda terlihat cantik. Setelah itu, kue ditata secara selang-seling supaya kue tampah tradisional terlihat lebih warna-warni.

Add Comment