Jadwal Imunisasi Wajib Untuk Anak

Beberapa penelitian mendata bahwa banyak ibu yang enggan membawa anaknya untuk imunisasi karena setelah diimunisasi anak akan demam. Namun sebenarnyaimunisasi sangat penting untuk anak anda karena imunisasi ini merupakan langkah utama untuk mencegah anak dari penyakit berbahaya yang menular.

Pentingnya imunisasi

Anda yang seringkali khawatir anaknya akan demam setelah melakukan imunisasi jangan khawatir, demam yang timbul ketika sudah imunisasi merupakan bentuk respon tubuh terhadap sistem imun yang dimasukan kedalam tubuh dan bergabung dengan tubuh anak sehingga sistem kekebalan tubuh anak menjadi kuat.

Namun selain itu beberapa hal yang mengharuskan bunda membawa anak untuk memnuhi imunisasi wajib adalah:

  • Imunisasi merupakan cara efektif, aman dan cepat sebagai langkah awal mencegah penyakit menular
  • Tubuh anda dapat melawan banyak penyakit setelah melakukan satu kali imunisasi
  • Anak akan memiliki resiko yang lebih tinggi terkena berbagai penyakit berbahaya bahkan menulart jika anak tidak memenuhi kebutuhan imunisasi

Suntikan saat imunisasi mungkin akan menimbulkan rasa sakit pada anak, namun suntikan ini akan meningkatkan kekebalan tubuh anak hingga berkaliu-kali lipat sehingga akan mampu melawan setiap penyakit yang bisa saja akan menyerang.

Jadwal imunisasi wajib untuk anak

Beberapa penyakit menular yang mampudiberantas oleh imunisasi adalah campak, polio, gondokan, batuk rejan, cacar air dan berbagai penyakit lainnya. Di Indonesia ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada anak secara gratis di posyandu. Jenis dan jadwal imunisasi wajib tersebut adalah:

Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B ini diberikan kepada anak paling baik setelah 12 jam anak dilahirkan, vaksin ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penularan penyakit hepatitis B yang bisa menular dari ibu ke anak saat proses melahirkan.

Polio

Imunisasi polio ini diberikan sebanyak 4 kali pada saat bayi berusia sebelum menginjak 6 bulan.vaksin polio ini juga bisa saja diberikan saat lahir, kemudian saat usia anak 2 bulan, usia anak 4 bulan dan usia anak 6 bulan. Vaksin polio ini diberikan untk mencegah penyakit lumpuh layu.

BCG

Vaksin BCG ini hanya diberikan sebanyak 1 kali saja  dan disarankan anak mendapatkan vaksin BCG ini sebelum usianya menginjak 3 bulan, dan waktu yang paling baik memberikan vaksin ini adalah saat bayi usia 2 bulan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah penyakit tuberkolosis yang dapat menyerang paru-paru dan selaput otak yang akan bisa membuat kecacatan hingga kematian.

Campak

Vaksin campak diberikan sebanyak dua kali yaitu saat anak berusia 9 bulan dan 24 bulan. Namun vaksin campak usia 24 bulan tidak perlu diberikan jika anak sudah mendapatkan vaksin MMR pada usia 15 bulan. Vaksin ini diberikan agar kekebalan tubuh anak mampu melawan penyakit campak berat yang dapat memicu pneumonia, diare bahkan bisa menyerang pada bagian otak.

DPT-HB-HiB

Vaksin ini merupakan gabungan dari difteri, perteseus dan tetanus. Vaksin ini diberikan untuk mencegah 6 penyakit sekaligus, yaitu penyakit tetanus, pertussis, difteri, hepatitis B, pneumonia dan meningitis. Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali yang meliputi usia 2 bulan, 3 bulan, empat bulan dan delapan belas bulan.

Nah 5 imunisasi wajib diatas tentunya wajib diberikan kepada anak untuk dapat mencegah berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan bagi anak dan agar terhindar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya.

Add Comment