Mari Kenali Psikologi Perkembangan Anak Sejak Dini

Mari Kenali Psikologi Perkembangan Anak Sejak Dini

Anak- anak pada usia dini akan senang dengan hal yang dapat menjadikan mereka merasa senang seperti belajar dan bermain. Sebab dengan cara inilah anak akan senang dan tidak perlu memikirkan banyak hal seperti orang dewasa. Namun demikian, anda juga harus tetap memperhatikan psikologi perkembangan anak anda. Sebab hal ini penting untuk menunjang fisik dan mental anak.

Dalam perkembangannya, anak selalu berhubungan dengan kondisi dan keadaan pada keluarga yang harmonis. Oleh sebab itu tahapan psikologi anak harus lebih diperhatikan supaya perkembangan dan pertumbuhan dapat dipantau secara menyeluruh. Terlebih lagi jika anak tersebut masih dalam usia dini yang masih harus di perhatikan oleh orang tua dan keluarga.

Perkembangan Kognitif Anak

Dalam mengenali tahapan perkembangan psikologi pada anak telah terbagi menjadi beberapa hal yang perlu anda ketahui diantaranya adalah:

Tahap sensorimotor

Perkembangan buah hati pada tahapan ini cuma terjadi dalam gerakan refleks seperti halnya mengembangkan kebiasaan awal. Memproduksi momen menarik dan menemukan cara baru yang disukai. Tahapan ini berlangsung pada anak hingga berusia 2 tahun.

Pra-operasional

Memasuki tahapan ini anak mulai menerima berbagai stimulasi meskipun masih terbatas. Kemampuan bahasa si kecil dalam tahapan ini sudah mulai berkembang meski pola pikirnya memang masih belum mampu berpikir dengan abstrak. Tahapan ini berapa pada usia 2 – 7 tahun.

Konkret operasional

Si kecil sudah mampu berpikir secara rasional. Pada tahapan ini kemampuan si kecil sudah terorganisisr dengan baik. Dalam hal ini anak sudah mampu melakukan tugas ringan seperti merapihkan barang-barang sendiri dan menaruhnya ditempat yang seharusnya.
Tahap ini berlangsung pada usia 7 – 11 tahun.

Formal Operasional

Bisa dikatakan dalam tahapan ini anak sudah memasuki usia remaja. Pola pikir anak sudah lebih baik dan berpikir secara hipotetik. Kemampaun anak dalam berpikir terhadap hal-hal yang abstrak sehingga sudah bisa menerima semua pelajaran.Tahap formal operasional

Perkembangan Sosio Emosional Anak

Terdapat beberapa tahapan perkembangan sosio emisional anak. Diantaranya adalah:

  • Trust vs mistrust atau tahap percaya Vs Curiga, usia anak 0-2 tahun, anak bisa tumbuh rasa percaya dirinya bila mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, namun akan tumbuh rasa curiga jika anak mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan.
  • Tahap Mandiri versus Ragu ( Autonomy vs Shame), usia anak 2-3 tahun, perasaan mandiri mulai muncul tatkala anak sudah mulai menguasai seluruh anggota tobuhnya, Saat lingkungan tidak memberinya kepercayaan, maka rasa ragu dan malu akan muncul pada dirinya.
  • Berinisiatif versus bersalah atau initiative versus guilt, usia anak 4-5 tahun. Pada masa ini anak sudah mulai lepas dari orang tuanya, anak sudah mampu bergerak bebas dan berhubungan dengan lingkungan. Hal ini bisa menimbulkan inisiatif pada anak, tetapi bila anak masih belum dapat terlepas dari ikatan orang tuanya untuk berinteraksi dengan lingkungan, maka rasa bersalah bisa muncul pada diri anak.

Pentingnya Memahami Perkembangan Psikologi Anak

Pada masa emas tersebut seorang anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada tingkat yang drastis yang mencakup perkembangan berfikir, perkembangan motorik, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan tentu saja perkembangan fisiknya. Pada usia 0 hingga 8 tahun terjadinya masa emas ini dan pada periode selanjutnya tidak terjadi lagi lonjakan tentang perkembangan itu.

Bagi anda para orang tua, memahami psikologi perkembangan anak usia dini merupakan keharusan juga bagi guru-guru, masa anak usia dini merupakan masa penting dalam perkembangan anak itu sendiri.

Add Comment