Obat Batuk Alami Yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh dalam menjaga tenggorokan dari lendir dan juga iritan lainnya. Batuk sering disebabkan juga oleh iritran, virus, atau infeksi bakteri. Terkadang saat batuk, kita ingin agar batuk segera hilang karena sangat mengganggu. Tapi tenang, anda bisa coba gunakan obat batuk alami yang bisa anda buat sendiri di rumah. Karena bahannya mudah dan kadang banyak tersedia di dapur anda.

Obat batuk alami memang sering menjadi alternatif pilihan untuk dapat mengatasi batuk yang sedang diderita. Akan tetapi, efektifitas obat batuk ini tentu akan berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Disamping itu, saat mengkonsumsi obat batuk yang alami ini, anda harus mengkonsumsinya dengan hati- hati. Apalagi bila anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu.

Obat Batuk Alami Yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah

Macam Macam Obat Batuk Alami Menyembuhkan

Di bawah ini adalah beberapa obat batuk yang alami yang bisa anda buat sendiri dan bahannya juga bisa anda temukan dengan mudah.

Madu

Sudah sejak lama madu digunakan sebagai obat. Dan madu sangat efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Madu juga dapat meredakan batuk secara efektif dibandingkan dengan obat yang di dalamnya mengandung dextromethorphan atau sebuah zat yang dapat bisa menekan batuk.

Anda bisa meracik obat Anda sendiri dengan cara mencampur sebanyak dua sendok teh madu bersama dengan teh atau air hangat juga lemon. Anda bisa juga memakan langsung satu sendok madu juga bisa digunakan sebagai selai dalam roti tawar.

Obat Batuk dari Kecap dan Jeruk Nipis

Untuk meredakan gejala yang menyertai batuk, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sesendok larutan kecap manis dicampur dengan perasan jeruk nipis. Ini bisa mengatasi seperti tenggorokan yang gatal dan juga susah bernafas. Obat batuk alami yang sudah turun temurun ini telah menjadi resep warisan sejak dulu. Anda dapat mengkonsumsinya sebanyak satu sendok makan sesudah anda makan terlebih dahulu.

Redakan Batuk Dengan Nanas

Apakah benar, nanas bisa digunakan sebagai obat batuk? Ternyata buah nanas mengandung bromelain. Ini adalah enzim yang cuma bisa ditemukan pada tunas dan juga buah nanas. Berfungsi untuk menekan batuk serta dapat mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan. Agar hasilnya optimal, anda bisa konsumsi sepotong nanas atau dengan meminum 100 ml jus nanas tiga kali sehari.

Yang perlu anda perhatikan, suplemen dengan kandungan bromelain tidak disarankan dikonsumsi anak atau dewasa yang konsumsi obat pengencer darah. Disamping itu, anda harus berhati-hati konsumsi bromelain saat dalam pengobatan antibiotik. Karena bromelain bisa menyerap antibiotik.

Air Garam

Saat anda terserang batuk, berkumur dengan menggunakan air garam bisa meredakan tenggorokan yang gatal. Caranya, campur seperempat sampai setengah sendok teh garam bersama dengan 250ml air hangat. Untuk anak- anak yang usianya dibawah 6 tahun, anak tidak dianjurkan menggunakan cara ini. Sebab mereka mempunyai kemungkinan belum dapat berkumur dengan baik.

Wedang Jahe

Tanaman jahe mengandung minyak atsiri. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan anda. Dari berbagai jenis jahe, maka jahe merah lah yang dinilai sangat ampuh, sebab di dalamnya mengandung 2,5% minyak atsiri lebih banyak. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe ini saat malam hari sebelum tidur. Karena batuk biasanya akan semakin jadi ketika malam hari. Sehingga, supaya tidur dapat terasa nyenyak tanpa gangguan, maka minumlah segelas wedang jahe.

Itulah 5 macam obat batuk alami yang bisa membantu meredakan batuk anda yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah.

Add Comment