Tips Menjalankan Usaha Sampingan Dropshipper

Apakah Anda ingin memiliki usaha sampingan karena usaha tetap Anda masih kurang cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari? Nah, Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini yaitu menjadi dropshipper. Apalagi saat ini bisnis dropship menjadi bisnis terbanyak yang dilakukan di era teknologi saat ini. Selain itu menjadi dropshipper merupakan bisnis yang cukup menjanjikan.

Apa itu Dropship?

Untuk lebih jelasnya, maka pengertian dari dropship yaitu salah satu cara untuk Anda sebagai pelaku online shop yang tidak ingin mengambil risiko yang banyak dengan membeli barang-barang yang dibayar secara tunai dan juga menyetok barang di dalam gudang. Risiko seperti barang yang sudah menumpuk di gudang biasanya tidak laku dan nyaris tidak ada karena Anda akan dibantu oleh supplier yang Anda pilih untuk menyediakan stok barang yang akan dijual.

Sistem tersebut termasuk sistem yang cukup menguntungkan, karena Anda sudah tidak perlu lagi untuk mengeluarkan modal awal yaitu untuk stok barang. Kelebihan lainnya dari bisnis dropship ini yaitu Anda tak perlu lagi mengeluarkan ongkos kirim kepada alamat yang dituju. Anda pun tak perlu ribet untuk packing pesanan, sebab sudah ditangani semuanya oleh supplier Anda. Sangat mudah bukan? Jadi, tunggu apa lagi. Sudah bisnisnya enak, banyak untung lagi.

Tips Menjalankan Bisnis Dropship

Di bawah ini adalah beberapa tips dalam menjalankan usaha sampingan dropshipper yang harus Anda ketahui.

·  Riset Pasar

Tips menjalankan bisnis dropship yang pertama yaitu dengan melakukan riset pasar. Perlu Anda ingat bahwa di internet memiliki pasar yang sedemikian luas. Dengan begitu, apabila Anda sudah memilih market yang tepat maka kemungkinan besar produk yang akan Anda jual pun akan lebih cepat laku dibeli oleh market online tersebut. Misalnya ketika Anda ingin berjualan buku secara online, maka sebelum Anda membuat online shop tersebut sebaiknya Anda melakukan riset secara sederhana.

·  Cari Tahu Alamat Supplier

Tips selanjutnya untuk menjalankan peluang usaha di bindang bisnis dropship yaitu dengan mencari tahu alamat supplier yang Anda pilih. Ada baiknya jika Anda menyelidiki kebenaran dari alamat website maupun fanspage, nomor telepon supplier sampai dengan alamat tokonya agar Anda terhindar dari penipuan. Anda juga harus memperhatikan respon dari para pengunjung maupun customer supplier yang ada di website maupun fanspage tersebut.

·  Lihat Syarat Dari Supplier

Tips selanjutnya yaitu dengan menanyakan syarat-syarat untuk menjadi dropshipper kepada supplier Anda. Hal tersebut dikarenakan pada masing-masing supplier tentunya punya sistem yang berbeda-beda.

·  Cermati Produk Dari Supplier

Cermati juga bagaimana produk knowledge supplier yang Anda pilih dalam memberikan informasi kepada Anda terhadap produk-produk yang dijual supplier tersebut. Bagi seorang supplier tentunya harus mengerti betul terkait produk yang dijualnya dan dari mana produk atau brand itu berasal serta apa saja kelebihannya.

·  Analisis Kompetitor

Meskipun kompetitor yang menyaingi produk serta target market masih terbilang kecil-menengah, bukan berarti mereka bisa dihiraukan begitu saja. Anda harus bisa mempelajari bagaimana cara mereka melakukan pemasaran, apa yang salah dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Lalu hal apa yang membedakan mereka dengan kompetitor lainnya? Mengapa para pelanggan lebih memilih kompetitor yang A dibandingkan dengan yang B dan mereka menggunakan media pemasaran apa?

·  Tanyakan Kesepakatan dari Awal dengan Supplier

Tips menjalankan bisnis dropship yang terakhir yaitu dengan menanyakan kesepakatan di awal secara jelas terkait retur barang apabila barang tersebut ketika dikirimkan ada kesalahan dari pihak suppliernya. Misalnya seperti salah kirim order, barang reject dan lain sebagainya. Kemudian tanyakan bagaimana prosedurnya dan juga bagaimana dengan ongkos kirimnya. Apakah harus ada pergantian ongkos kirim untuk customer atau tidak.

Tanyakan juga apakah kompensasi lainnya yang akan diberikan oleh supplier kepada Anda apabila terjadi suatu kelalaian seperti yang telah disebutkan tadi. Hal tersebut dikarenakan mengingat lagi bahwa itu akan mengganggu kenyamanan customer dan juga toko sehingga hanya akan membuang waktu mereka yang mana harus bolak-balik pengiriman.

Tips menjalankan usaha sampingan dropshipper yang telah kami sebutkan di atas Semoga bisa Anda jadikan sebagai referensi kemajuan usaha sampingan Anda.

Add Comment