Waspadai Ciri Ciri Kanker Payudara Berikut dan Cegah dengan Pemeriksaan Rutin

Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang menjadi ikon dan kebanggaan tersendiri. Dewasa ini, tidak sedikit wanita yang bahkan mengoperasi bagian payudaranya agar tampak lebih indah. Namun tahukah Anda, bagian tubuh satu ini juga tidak lepas dari incaran penyakit membahayakan. Dialah kanker payudara. Meskipun kanker payudara bukan merupakan penyakit mematikan, namun jika seorang wanita terserang penyakit yang satu ini, sudah barang tentu ia akan merasa stress, sedih dan kecewa. Beberapa sumber mengatakan bahwa kanker yang satu ini masih bisa disembuhkan 100 persen jika telah terdeteksi sejak dini.

Mengenal Ciri Umum Kanker Payudara

Sebenarnya, kanker payudara tidak hanya menyerang kaum wanita. Beberapa pria juga pernah diketahui terserang kanker payudara meskipun terbilang langka. Kanker payudara pada pria menyerang daerah belakang puting susunya. Pada wanita, kanker payudara bisa menyerang beberapa bagian seperti lobulus atau kantung penghasil ASI dan karsinoma duktal atau saluran yang mengalirkan ASI ke puting. Sel kanker tumbuh dengan pesat di salah satu bagian tersebut.

Agar lebih jelas mengenai ciri ciri kanker payudara, yuk simak uraian di bawah ini.

  • Munculnya Benjolan di Payudara

Benjolan ini bisa dikatakan sebagai awal mula datangnya kanker payudara. Beberapa benjolan ada yang terasa nyeri jika disentuh dan ada yang tidak. Akan tetapi tidak semua benjolan merupakan kanker payudara. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memeriksa sendiri ada atau tidaknya benjolan di payudara Anda. Caranya adalah memeriksa dengan berbaring dan raba seluruh payudara.

  • Kulit Pada Payudara Mengalami Perubahan

Jika tiba-tiba kulit di area sekitar payudara Anda mengalami perubahan warna dan bentuk, Anda wajib waspada! Bedakan perubahan warna kulit karena infeksi. Perubahan kulit yang disebabkan oleh kanker payudara ada bermacam-macam. Diantaranya adalah mengkerut, cekung, berlesung pipit, permukaan kulit menjadi kasar, sering iritasi bahkan kulit terasa menebal.

  • Puting Terasa Sakit

Bagi Anda yang masih mengalami kanker payudara stadium 1, Anda akan merasakan bagian puting yang terasa nyeri. Tidak jarang juga yang mengalami kondisi puting yang melesak ke dalam dan mengeluarkan cairan tidak normal. Beberapa kasus kanker payudara, ditemukan bahwa benjolan terletak tepat di bawah puting. Hal ini menyebabkan lingkaran hitam di sekeliling puting menjadi iritasi atau terlihat seperti korengan.

  • Benjolan Ditemukan di Ketiak

Jangan mengira bahwa benjolan yang ada di ketiak tidak ada hubungannya dengan kanker payudara. Meskipun tidak terletak di area payudara, benjolan yang ada di ketiak merupakan pertumbuhan sel kanker yang makin cepat. Dalam hal ini, kanker payudara sudah meluas hingga menyerang getah bening yang ada di bawah ketiak.

Kanker payudara seharusnya bisa dideteksi sejak awal jika Anda benar-benar mengetahui dan memahami gejala dan cirinya. Oleh sebab itu, pelajari uraian di atas agar menambah informasi yang Anda miliki. Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek kemungkinan adanya benjolan di payudara secara manual di rumah. Selamat mencoba.

Add Comment